Jumat, 14 Maret 2014

Nada Sambung pada Telepon Penumpang MAS, Ini Penjelasannya

Misteri terus menyelimuti hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370. Salah satunya mengenai nada sambung yang terdengar pada sejumlah nomor telepon genggam penumpang pesawat, yang dihubungi setelah hilang kontak.

Bahkan muncul laporan bahwa keluarga penumpang asal China masih mendengar nada sambung ketika menghubungi nomor telepon genggam keluarga mereka hingga saat ini. Hal ini memicu harapan dan spekulasi bahwa pesawat MAS MH370 tersebut sebenarnya tidak jatuh ke laut.

Untuk menunjukkan keanehan ini, salah satu keluarga penumpang bersedia tampil di televisi China dan menunjukkan langsung ketika dia menghubungi nomor telepon genggam keluarganya yang ada di pesawat MAS MH370 tersebut. Memang benar terdengar nada sambung ketika panggilan dilakukan.

Seperti dilansir International Business Times, Jumat (14/3/2014), wanita bernama Bian Liangwei mengaku terus menghubungi nomor telepon kakak laki-lakinya yang ada dalam pesawat MAS MH370 tersebut dan tetap mendengar nada sambung beberapa kali sebelum akhirnya terputus. Dia pun berharap kakaknya masih hidup.

Namun penjelasan lain akhirnya disampaikan oleh analis wireless asal AS, Jeff Kagan. Menurut Kagan, jika kita mendengar nada sambung usai melakukan panggilan maka belum berarti bahwa panggilan tersebut sampai tujuan.

"Tidak lantas berarti pangilan itu berbunyi pada telepon tujuan milik orang yang Anda hubungi," jelasnya.

"Itu berarti bahwa jaringan komunikasi bekerja, dan tengah berusaha mencari lokasi pihak yang Anda hubungi. Biasanya nada sambung akan berbunyi sebanyak satu, dua, tiga kali dan jika jaringan menemukan lokasinya, maka panggilan akan disampaikan. Jika tidak menemukan lokasi, maka panggilan akan terputus," imbuh Kagan.

Dengan demikian, bukan berarti bahwa terdengarnya nada sambung dari sejumlah nomor telepon genggam penumpang MAS MH370 berarti bahwa telepon genggam mereka masih aktif.

"Anggota keluarga penumpang yang mendengar nada sambung dan berharap, tapi ini bukan tanda-tanda apapun. Ini hanya menunjukkan bahwa jaringan itu bekerja. Suara nada sambung muncul ketika panggilan dimulai sedangkan jaringan berusaha menyambungkan panggilan," terang juru bicara CTIA-The Wireless Association kepada Mashable.

"Hal ini mencegah penelepon meninggalkan panggilan jika mereka tidak mendengar suara apapun. Suara nada sambung tidak ada kaitannya dengan suara dering yang sebenarnya pada alat komunikasi yang dituju," tandasnya. detik.com

0 komentar:

Posting Komentar